Rabu, 17 April 2013

Cara Instal SLiMS (Senayan Library Management System) di Linux Ubuntu


Beberapa hari yang lalu gue sempet nulis tutor tentang gimana caranya nginstal XAMPP di linux. Nah sekarang gue bakal nulis tutor lagi, yaitu instal SLiMS (senayan library management system) di linux. Senayan intinya adalah software buat perpustakaan. Oke, langsung aja eaaahhhh.

Langkah pertama adalaaaaaah, lo harus download SLiMS. Lo bisa dapetin tuh aplikasi dsini, itu adalah senayan yang versi meranti atau versi 5, sebenernya sebentar lagi ada yang versi baru, namanya cendana, itu versi 7, katanya.

Hasil download tadi lo ekstrak ke direktori htdocs. Caranya gue jelasin dibawah ini. Ketik pada terminal.


sudo tar xvfz slims5-meranti-update6.tar.gz -C /opt/lampp/htdocs



Oh iya lo disini harus sebagai super user aka root. Ditunggu ya.. cuman bentar kok :')

Sekarang lo cek aja ke direktori htdocs, apakah sudah ada folder slims5-meranti-update6.tar.gz ?? Kalo udah, lo ganti nama folder tersebut menjadi senayan. Oke, selanjutnya lo masuk ke phpmyadmin. Gimana cara masuknya ? Gue udah jelasin di post gue sebelumnya. Di situ pilih pake bahasa Indonesia aja biar gampang.

Lo bakal masuk ke phpmyadmin lo. Dari situ lo bisa bikin database sesuka lo. Gue kasih ni tutor bagi pengguna linux pemula, yaap pe-mu-la :p . Di homepage phpmyadmin lo bakal liat ada menu bar. Paling kiri sendiri adalah menu Basis Data. Jangan salah ya, ini bukan Bondan Prakoso. Basis data atau bahasa inggrisnya database. Lo klik aja tuh basis data maka akan muncul seperti ini.


Nah, di kolom 'Buat basis data' tulis nama 'senayan' tanpa tanda kutip. Setelah itu klik 'Buat'. Nanti di bagian kiri dari halaman lo akan muncul tulisan 'senayan' dan itu artinya lo berhasil bikin database. Tapi inget, database yang lo buat barusan masih kosong atau belum memiliki data.

Sekarang kita impor database yang ada di folder htdoc tadi. Caranya, lo klik tulisan 'senayan' tadi. Habis itu akan muncul menu bar lagi. Tapi kali ini beda. Dari deretan menu bar yang ada, ada menu impor. Klik eeeaaahhh qaqaaa.

Nah kalo udah kan ada pilihan 'choose file' ya ? Ada gak ? Ah masa gak ada siiihhh u,u ? Lo klik, trus cari file senayan.sql . Dimana ??? masuk ke folder file system – opt – lampp – htdocs – senayan – install – senayan.sql . Nah dipilih-dipilh ayo :D


Misal lo nemuin masalah seperti access ditolak gitu, brarti lo musti jalanin perintah sudo chmod 777 -R /opt/lampp/htdocs/senayan di terminal lo. Oke tau kan ?? Lanjuttt.. scroll ke bawah dan pilih 'Kirim'. Dannnnnn tadaaa!! Di bagian kiri hompage muncul data-data yang udah kita impor, mmm sebanyak 41 yahhh. Gak boleh kurang lho, nek lebih malah medeni cuk :p. Nih screenshotnya.


Berhasil kan ? Jangan lupa gue traktir McD oke!! :p

Eeiiiittss itu baru impor database ke mySQL. Belum masuk ke tahap isntalasi SLiMS. Sebentar, gue mau garuk-garuk pantat dulu, pegel. Oke udah. Sekarang kita akan mengubah config yang ada di senayan. Lo pertama-tama masuk ke folder file system – opt – lampp – htdocs – senayan trus pilih file sysconfig.inc.php dan buka pake gedit.  Biar lebih gampang cari aja pake ctrl+F trus ketik database related.  Habis itu lo edit bagian ini.


Diganti menjadi seperti ini.



Jika udah lo lakuin, lo musti tanggung jawab hayoooo -___-. Lanjutttt, lo masuk ke browser lo, gue pake chromium nih. Ketik localhost/senayan ke address bar. Maka akan muncul kayak gini.


Klik aja yang let's start the installation.  Abis gitu muncul halaman seperti ini.


Isi kayak gitu ya, buat passwordnya lo terserah deh.  next, klik continue.  halaman selanjutnya kayak gini.


Klik OK, start the SLiMS.



SELAMAT, lo berhasil instal SLiMS di Linux lo. Mudah apa gampang ? Eh itu sama ya hehehe :p Inget!!! Tutorial ini gue bikin khususon buat para PE-MU-LA wkwkwwk #piss :p. Di situ lo bisa bikin katalog online, bikin barcode, kartu anggota, dan lain-lain. Lo log in aja di login pustakawan. Itu username sama password defaultnya admin semua. Kalo mau diganti bisa kok :'). Program memang memudahkan kita jika kita tau alur kerjanya :)) #enjoySLiMS.

Dah gitu dulu dari gue. Kalo ada masukan, saran, atau pertanyaan bisa langsung lo kasih dengan menuliskannya di box yang udah gue sediain dibawah ini :)) InsyaAllah gak bakal gue kacangin :')








5 komentar:

  1. Oh ea gan gue mau Nanya...
    loginnya kayak mana ntu??
    ane ndak bisa Login2 nie.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. user sama passwordnya "admin" semua gan, ntar bisa masuk terus mendingan diganti aja
      semoga berhasil :)

      Hapus
  2. gan,
    database usernamenya, wajib dengan nama root ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah kok gan, itu ane cuma contohnya aja :D

      Hapus
  3. I really like Senayan System. It can be installed on shared hosting and no installation is needed on individual machines in the library.

    BalasHapus